-->

Jumat, 08 Juli 2011

Mengapa Harga Emas Melambung

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang mungkin bisa mendorong harga emas naik lebih tinggi dari tingkat rekor saat ini? Berikut ini adalah beberapa faktor yang menggerakkan pasar emas saat ini dan menarik untuk dibaca :

Emas merupakan bagian dari komoditi yang diperdagangkan dan merupakan salah satu pilihan dalam berinvestasi selain saham, reksadana, obligasi dan Currency.

Sementara ada banyak alasan bahwa emas dan perak akan terus bergerak lebih tinggi sebagai akibah trend mata uang yang cenderung bergerak menurun.

Yaitu bahwa di tahun 1970-an, hanya sekitar 10% dari dunia dapat memiliki emas - baik karena pembatasan hukum atau kurangnya modal cair.

Hari ini, beberapa negara yang melarang kepemilikan emas, telah dibuka dan juga beberapa negara yang berhasil keluar dari kemiskinan.

China memberikan contoh yang paling erat, setelah disahkan kepemilikan emas dan perak untuk warga negara pada tahun 2004, dan melalui ledakan pertumbuhan PDB nasional yang telah menyebabkan pembelian emas Cina meroket.

Berikut ini adalah kutipan dari sebuah artikel di Wall Street, baru-baru ini sebuah Journal yang mengkonfirmasikan bahwa:

Investor China membeli atas emas batangan dan koin , lebih dari sebelumnya pada kuartal pertama tahun 2011 dan menyalip India sebagai pembeli terbesar di dunia dari logam.

Masyarakat kelas menengah di China mendorong pembelian untuk emas di sana.

Permintaan investasi untuk emas China lebih dari dua kali lipat menjadi 90,9 metrik ton pada tiga bulan pertama tahun ini, melampaui kenaikan moderat India untuk 85,6 ton, World Gold Council mengatakan dalam laporan kuartalan pada Kamis. China sekarang mendominasi untuk 25% dari permintaan investasi emas, dibandingkan dengan India23% .

Laporan ini menggarisbawahi permintaan pembelian meningkat untuk emas di antara kelas menengah yang tumbuh di China. Ketakutan inflasi negara melonjak, serta mencari investasi baru, memikat investor untuk emas, dan pemasaran dari logam mulia juga telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir.

Bagi mereka bertanya-tanya seberapa besar perkembangan ini, menganggap bahwa pada tahun 2007, tepat sebelum berinvestasi di emas menjadi "hal yang harus dilakukan," permintaan emas di India adalah 61% dari total dunia sementara permintaan emas China hanya 9%.

Dengan kata lain, India tidak lagi menjadi yang terbesar. Dan mereka tidak sendirian - investor di seluruh dunia sekarang membeli emas sebagai cara melindungi kekayaan mereka dari penurunan tak terelakkan dari kurs mata uang.

Dalam jangka panjang, emas hampir dapat dipastikan harganya akan selalu naik.

Previous
Next Post »