-->

Sabtu, 16 Februari 2013

EUR Terperosok Versus USD


euro vs usd, euro usd, euro dollar

Market Flash - EUR terperosok ke posisi terendah 3-minggu versus USD pasca data menunjukkan gambaran suram ekonomi di blok 17-negara, yang mendukung spekulasi pemangkasan suku bunga oleh European Central Bank. Ekonomi zona Euro dilaporkan menyusut 0,6% pada kuartal terakhir tahun 2012. Kontraksi ekonomi Jerman dan Perancis, dua kekuatan utama zona Euro, juga memicu keraguan tentang ekspektasi pemulihan pada tawal ahun 2013.

Data pertumbuhan tersebut telah menghadirkan kekhawatiran bahwa ECB mungkin akan berubah menjadi lebih dovish dibandingkan sebelumnya, terlebih dengan masih tersisanya resiko penurunan suku bunga.

JPY beranjak menjauh dari posisi terendah beberapa tahun terhadap USD seiring para investor mulai berhati-hati menjelang pertemuan G20, dimana nilai tukar mata uang diperkirakan akan menjadi topik utama. Sebelumnya Bank of Japan telah memenuhi harapan pasar dengan mempertahankan kebijakan moneter tidak berubah dan merevisi naik prospek ekonomi Jepang.

Banyak kalangan menilai jika BoJ kemungkinan masih akan menunda ekspansi program stimulus mereka hingga peninjauan tingkat suku bunga pertama di bawah gubernur baru, yang dijadwalkan berlangsung pada 
3-4 April mendatang.

GBP anjlok ke level terendah 6-bulan terhadap USD setelah Bank of England mengisyaratkan akan mentolerir inflasi yang lebih tinggi dan mungkin akan lebih memilih untuk menambah stimulus. Namun optimisme pemulihan yang telah dilontarkan Gubernur BoE Mervyn King dan ekspektasi data penjualan ritel bulan Januari yang positif kemungkinan masih akan membatasi kejatuhan GBP dalam beberapa hari ke depan.

Previous
Next Post »