Kamis, 05 September 2013

‎EUR Anjlok Versus Dollar AS

Market Flash - EUR anjlok ke level terendah 7-minggu versus Dollar AS pada hari Kamis seiring Presiden European Central Bank Mario Draghi mengatakan bahwa para pembuat kebijakan mulai membahas pemangkasan suku bunga dalam rapat kebijakan hari Kamis. Dalam konferensi pers yang digelar setelah ECB mempertahankan suku bunga acuan pada rekor rendah 0,5%, Draghi mengatakan opsi penurunan suku bunga akan dipertimbangkan jika tingkat bunga pasar uang meningkat terlalu tinggi. ECB juga menurunkan proyeksi GDP zona Euro untuk tahun 2014 menjadi 1% dari sebelumnya 1,1%.

Pagi ini EUR berada di level 1.3119, melemah dari level sebelumnya di 1.3223.

USD melesat ke level tertinggi 6-minggu di atas 100 terhadap JPY pada hari Kamis, dipicu spekulasi bahwa tanda-tanda perbaikan ekonomi AS akan memaksa Federal Reserve mengurangi stimulus pada bulan ini. Greenback mendapat pijakan kuat menjelang Non Farm Payrolls hari Jumat pasca laporan ADP menunjukkan sektor swasta AS menciptakan 176.000 pekerjaan pada bulan Agustus. Data terpisah juga menunjukkan indeks jasa ISM tumbuh pada laju tercepat dalam hampir 8 tahun.

Sebaliknya, investor melepas safe haven JPY seiring meredanya kekhawatiran atas potensi intervensi militer AS di Suriah.

euro versus dollar, eur usd, euro vs dollar, eur vs usd

Saat ini JPY berada di level 100.14, melemah dari level sebelumnya di 99.56.

AUD tergelincir dari level puncak 2-pekan versus USD pada hari Kamis pasca laporan pemerintah secara tak terduga menunjukkan defisit perdagangan pada bulan Juli. Biro Statistik mengatakan impor Australia melonjak 4% dari bulan sebelumnya seiring ekspor yang relatif flat, sehingga menyisakan defisit sebesar AUD$ 765 juta ($700 juta). Angka itu mementahkan estimasi surplus sebesar AUD$ 100 juta. AUD juga terbebani oleh beberapa data AS, yang memacu ekspektasi tapering oleh Federal Reserve.

Pagi ini AUD berada di level 0.9128, melemah dari level sebelumnya 0.9187.

Previous
Next Post »