Minggu, 30 Juni 2013

‎USD Menguat Terhadap Mata Uang Utama

Market Flash - USD diperdagangkan menguat tajam terhadap berbagai mata uang utama sejak pembukaan sesi Wall Street . Penguatan terpicu oleh komentar Presiden Fed Stein, yang senada dengan komentar voter FOMC lainnya sepanjang pekan ini yang mendukung penarikan stimulus The Fed tahun ini. Kemarin Dudley dan Powell berupaya mengurangi ekspektasi penarikan stimulus The Fed dengan menyatakan bahwa reduksi QE3 tergantung pada data ekonomi, namun hari ini Jeremy Stein yang termasuk voter FOMC tahun ini menyatakan bahwa pidato Bernanke kemarin merupakan upaya untuk memberikan penjelasan lebih spesifik bahwa program bond buying mungkin akan berakhir ketika angka pengangguran di kisaran 7%.


eur vs usd, aud vs usd, euro versus dollar
Katalis positif utama bagi USD adalah komentar Stein bahwa keputusan reduksi Stimulus The Fed mungkin dapat diambil pada bulan September, dan sebagian besar pelaku pasar masih percaya terhadap skenario tersebut karena bank sentral kemungkinan akan melakukan reduksi stimulus secara tiba-tiba sebelum libur natal dan tahun baru.

AUD diperdagangkan menguat terhadap USD pada hari Kamis setelah beberapa pejabat Federal Reserve mengatakan bahwa pemulihan ekonomi belum cukup kuat untuk memulai pengurangan program stimulus, sehingga mendorong kembali permintaan untuk aset ber-yield lebih tinggi. AUD juga menguat terhadap hampir semua mata uang utama seiring Kevin Rudd dilantik sebagai Perdana Menteri Australia

EUR berhasil rebound terhadap USD seiring perbaikan kepercayaan ekonomi di blok 17-negara yang melampaui prediksi ekonom. Indeks sentimen eksekutif dan konsumen naik menjadi 91,3 pada bulan Juni dari 89,5 pada bulan Mei, menurut laporan Komisi Eropa di Brussels, yang lebih baik dari estimasi 90,4. EUR juga diuntungkan oleh data AS, yang cenderung mengikis spekulasi pengurangan stimulus moneter oleh Federal Reserve dalam waktu dekat.


Previous
Next Post »