Rabu, 24 Juli 2013

‎Dominasi USD di Seluruh Bursa

Market Flash - USD mendominasi di seluruh bursa pada hari Rabu, dan menguat untuk pertama kalinya dalam 4 sesi versus EUR, seiring kenaikan imbal hasil Treasury AS mengindikasikan jika pemulihan ekonomi terbesar dunia masih terus berlanjut. Data perumahan AS yang lebih baik dari ekspektasi juga turut menopang rebound USD. EUR sebelumnya sempat terdorong oleh data yang menunjukkan percepatan ekspansi aktivitas sektor swasta Jerman dan Perancis.

Pagi ini EUR melemah dan berada di level 1.3194, turun dr level sebelumnya di 1.32560

AUD yang sangat sensitif terhadap data ekonomi China, anjlok terhadap mata uang AS pasca sebuah laporan swasta menunjukkan manufaktur ekonomi terbesar ke-2 di dunia semakin menyusut pada bulan Juli. Survey awal PMI China versi HSBC Holdings Plc dan Markit Economics menunjukkan indeks merosot ke 47,7 dari 48,2 pada bulan Juni. AUD justru tidak banyak terbantu oleh data domestik yang menunjukkan kenaikan inflasi pada kuartal ke-2, yang mengurangi ekspektasi penurunan suku bunga RBA bulan depan.

Saat ini AUD berada di level 0.9144, melemah dari level sebelumnya di 0.9317.

GBP tergelincir dari posisi puncak 1-bulan terhadap USD yang menguat setelah data menunjukkan kenaikan dalam penjualan rumah baru di AS. Namun depresiasi GBP masih terbatasi oleh ekspektasi bahwa angka pertumbuhan yang dijadwalkan rilis hari Kamis akan menunjukkan pemulihan ekonomi tengah berlangsung. Data GDP kuartal ke-2 diperkirakan akan menunjukkan ekonomi Inggris tumbuh 0,6% atau 2 kali lipat dari 0,3% yang tercatat pada kuartal pertama.

Pagi ini GBP diperdagangkan di level 1.5314, melemah dari level sebelumnya di 1.5390.

Previous
Next Post »