Selasa, 16 Juli 2013

USD Terdepresiasi Versus EUR

Market Flash - USD terdepresiasi versus EUR pada hari Selasa seiring ekspektasi bahwa Ketua Federal Reserve Ben Bernanke akan kembali menegaskan keberlanjutan kebijakan moneter akomodatif dalam testimoni di depan Kongres AS pekan ini. Namun pelemahan terhadap EUR masih terbatasi oleh penurunan mengejutkan indeks sentimen investor Jerman pada bulan Juli. Sementara lambatnya laju inflasi zona Euro juga mendukung ekspektasi bahwa European Central Bank akan tetap mempertahankan suku bunga pada rekor terendah.

Pagi ini EUR berada di level 1.3150, menguat dari level sebelumnya di 1.3048.

GBP beranjak menguat seiring pelemahan USD membantu meredam tekanan negatif yang datang dari komentar seorang pembuat kebijakan BoE dan data inflasi yang di bawah perkiraan. Data CPI bulan Juni menunjukkan inflasi Inggris tumbuh 2,9%, lebih lemah dari ekspektasi 3,0%, yang memberi BoE cukup ruang untuk memperlonggar kebijakan lebih lanjut. Sementara Paul Fisher juga pada hari Selasa mengatakan jika pembahasan di bank sentral masih lebih condong mengarah ke bagaimana menambah stimulus dibandingkan bagaimana mengakhirinya.

Saat ini GBP diperdagangkan di level 1.5133, menguat dari level sebelumnya di 1.5035.

AUD melonjak terhadap USD pasca minutes rapat terbaru RBA mendorong investor memangkas ekspektasi penurunan suku bunga. Prospek inflasi Australia, yang sedikit lebih tinggi akibat pelemahan mata uang, masih menyisakan beberapa ruang untuk pelonggaran lebih lanjut, berdasarkan minutes pertemuan kebijakan 2 Juli lalu.

Pagi ini AUD berada di level 0.9236, menguat secara signifikan dari level sebelumnya di 0.9090.

Previous
Next Post »