Minggu, 24 November 2013

‎Pengurangan Stimulus Berdampak Pada Asia

Market Flash - Indeks IFO kepercayaan bisnis Jerman bulan Nov naik ke 109,3 (tertinggi lebih dari 1,5 tahun) ditopang oleh peningkatan penjualan di seluruh sektor memberi sinyal pemulihan ekonomi negara ekonomi terbesar Eropa tumbuh sesuai jalur, euro menguat
GDP Jerman tumbuh 0,3% di kuartal 3 (dari 0,7% di Q2) yang didorong oleh permintaan domestic, investasi modal naik 1,6%, konstruksi naik 2,4%. Komisi Eropa perkirakan tahun depan pertumbuhan ekonomi Jerman akan tumbuh 1,7%.

Inflasi Jepang bulan Oct diperkirakan tumbuh 0,9% (kenaikan tercepat sejak 2008) mendekati target 2% yang harus dicapai dalam 2 tahun. Kesepakatan program nuklir Iran mengurangi permintaan mata uang safe haven, yen melemah.

euro vs usd, eur usd, eur versus dollar

Iran dan kelompok negara kuat P5+1 sepakat menangguhkan peningkatan pengayaan uranium dan sebagai gantinya menghentikan pembekuan milliaran dolar dana Iran di bank asing dan pembaruan perdagangan logam Mulia, petrokimian dan bagian pesawat.

IMF nyatakan beberapa negara berkembang Asia akan menghadapi "risiko besar" jika pada akhirnya pengurangan stimulus dilakukan oleh negara maju (AS dan Jepang) tanpa menyebut secara spesifik negara mana yang akan terkena dampak.

Perkiraan USD/IDR hari ini berada di 11600-11750

Previous
Next Post »