Selasa, 21 Januari 2014

‎IDR Melemah Akibat Tekanan Major Currency

Market Flash - Setelah lelang SUN yg dilakukan pemerintah RI menyerap Rp 15 T yg diharapkan dpt membawa IDR menguat tidak terjadi, karena IDR melemah atas tekanan Majors Currency terutama pelemahan EUR thdp USD.Sebagian pelaku pasar tengah mempertimbangkan kemungkinan bahwa Bank Sentral Eropa akan memperlonggar kebijakan moneternya lebih lanjut guna mendorong perekonomian kawasan benua Eropa.

outlook ekonomi, ekonomi indonesia 2014, indonesia 2014, outlook ekonomi indonesia

Dalam pertemuan kebijakan bulanannya di Januaru ini, Bank Sentral Eropa akhirnya memutuskan untuk mempertahankan suku bunga utama tidak berubah di angka 0.25%. ECB juga mempertahankan suku bunga pinjaman marjinal dan suku bunga deposito, masing-masing sebesar 0.75% dan 0%%.

Kendati naik, Dollar AS nampak mengalami penurunan daya angkatnya terhadap Franc Swiss. Hal ini terkait dengan estimasi ekonom bahwa membaiknya sektor tenaga kerja AS belum dapat berpengaruh secara cukup signifikan dalam menaikan kinerja sektor konsumsi.

Hal ini terkait dengan masih rendahnya kenaikan pendapatan per jam bagi tenaga kerja di AS, yang hanya naik sekitar 2% secara tahunan, dimana pada tahun 2007 dapat naik sampai 3.2%. Angka 2% pada kenaikan pendapatan ternyata masih belum dapat menunjukkan kenaikan pendapatan secara riil karena terpotong oleh inflasi

Previous
Next Post »