Senin, 06 Januari 2014

‎Jatuhnya Nikkei Membantu Kenaikan JPY

Market Flash - Kinerja Dollar Amerika Serikat kemarin terpantau positif pada pair USD/IDR, dan menunjukkan tren bullish kuat menghadapi Rupiah dengan kurs Bank Indonesia ditinjau dalam dua bulan perdagangan terakhir
Jatuhnya saham di lantai bursa Tokyo memberikan berkah pada Yen, Investor berbalik membeli Yen setelah sebelumnya melakukan aksi jual dan membuat Yen naik.

Para pialang di pasar uang selalu melihat pergerakan Nikkei sebagai tanda akan pergerakan jangka pendek bagi Yen. Didasarkan pergerakan Yen yang selalu berkebalikan dari pergerakan Nikkei, Yen umumnya akan naik manakala Nikkei jatuh. (prinsip basic for Yen)

japan, yen, japan yen, yen jepang

Jatuhnya Nikkei pada perdagangan kali ini sebesar 2 persen membantu memberikan dorongan bagi kenaikan Yen. Pun demikian, dalam jangka panjang Nikkei masih berpotensi naik sehingga Yen pun juga berpotensi masih akan naik turun

Euro berhasil rebound pada hari Senin pasca data ekonomi yang positif mengindikasikan jika European Central Bank tidak akan memperlonggar kebijakan lebih lanjut dalam waktu dekat. Indeks kepercayaan investor versi Sentix menyentuh level puncak dalam hampir 3 tahun. Sedangkan indeks komposit zona Euro, yang mengukur aktivitas ribuan perusahaan manufaktur dan jasa, juga naik menjadi 52,1 pada bulan Desember. Data-data ini dirilis beberapa hari sebelum rapat kebijakan pertama ECB di tahun 2014.

Kecil kemungkinan ECB akan bertindak secara tiba-tiba dalam pertemuan nanti. Kita masih akan mendengarkan pesan yang serupa dengan apa yang dilontarkan Mario Draghi pekan lalu.

Previous
Next Post »