Kamis, 27 Februari 2014

‎Stimulus Moneter Mendorong Penguatan USD

Market Flash - Sentimen positif terhadap Dollar AS nampak menguat sehubungan dengan pernyataan Pimpinan The Fed Janet Yellen bahwa lembaga yang dipimpinnya memiliki peluang yang besar untuk melanjutkan tapering stimulus moneter di Amerika Serikat

Ketua Federal Reserve, Janet Yellen, mengatakan data ekonomi AS menunjukkan pertumbuhan tenaga kerja dan belanja konsumen lebih rendah dari ekspetasi, dan the Fed akan melihat apakah pelambatan tersebut hanya sementara akibat musim dingin parah yang sedang melanda AS. The Fed akan tetap melakukan pemangkasan stimulus moneter jika pelambatan ekonomi hanya bersifat sementara. Yellen juga menegaskan sikapnya bahwa kebijakan moneter akomodatif masih tepat untuk beberapa waktu kedepan.


Dari sektor pasar tenaga kerja, Yellen menegaskan batas 6,5% bukanlah definisi tingkat tenaga kerja penuh oleh bank sentral AS, dan tingkat pengangguran saja dikatakan tidak cukup untuk mengukur kesehatan pasar tenaga kerja.

Fed sebelumnya mengatakan akan memperimbangkan menaikkan suku bunga jika tingkat penganguran menyentuh 6,5%, selama inflasi masih dibawah 2,5%.

Previous
Next Post »