Minggu, 08 Desember 2013

‎Fed Akan Mempercepat Tapering Stimulus

Market Flash - Euro kembali menguat hingga ke level tertinggi didorong oleh kenaikan suku bunga jangka pendek,  setelah ECB memupus spekulasi pelonggaran moneter dalam waktu dekat.

usd idr, usd, idr, euro, yen, gbp

Pada bulan November 2013 jumlah pengangguran di Amerika Serikat berkurang seperti yang dilaporkan  Biro Statistik Tenaga Kerja AS dimana tingkat pengangguran AS menurun dari 7,3 persen menjadi 7,0 persen , dan jumlah pekerjaan naik 203.000 yang mana swasta menambahkan 196K pekerjaan. Pekerjaan bertambah dari sektor transportasi dan pergudangan , perawatan kesehatan , dan manufaktur.

Dengan positifnya data pekerjaan AS yang dirilis malam ini memberikan keyakinan kepada pasar bahwa the Fed akan mempercepat tapering stimulusnya. Namun bagi the Fed sudahkah cukup data pekerjaan ini menjadi dasar untuk segera melakukan tapering stimulusnya?

Ada kejutan pertumbuhan yang lebih bagi perekonomian Inggris dipekan lalu. Dimana survei PMI untuk bulan November menunjukkan pertumbuhan yang  yang cukup menggembirakan . Data PMI terbaru ini naik sebesar 1.5 % dalam tiga bulan terakhir di Q3.

Gubernur Bank of England (BoE) Mark Carney mengatakan bahwa tingkat suku bunga tidak akan naik dalam waktu dekat meski perekonomian alami pemulihan.

Sterling  tampak terapresiasi terhadap  Dolar AS  pasca data perumahan meningkat di atas perkiraan pada bulan lalu, yang memperkuat optimisme tentang pemulihan ekonomi dan spekulasi tentang pengetatan kebijakan moneter yang lebih cepat.

Previous
Next Post »