-->

Rabu, 20 Februari 2013

Mata Uang Regional Melemah


USD, Dollar, usd menguat,

Market Flash - USD diperdagangkan menguat terhadap hampir semua mata uang utama menjelang rilis minutes pertemuan kebijakan Federal Reserve terbaru, yang mungkin akan memperjelas sinyal tentang waktu berakhirnya skema pembelian aset. USD juga terbantu oleh data yang menunjukkan perbaikan di pasar perumahan AS. Pembangunan rumah baru di AS turun bulan lalu, namun itu lebih disebabkan oleh volatilitas komponen multi-family yang tidak stabil. Sedangkan ijin pembangunan naik pada laju tercepat sejak Juni 2008.

GBP turun tajam versus USD pasca Bank of England mensinyalkan kemungkinan pelonggaran kebijakan moneter yang lebih besar dan tidak terburu-buru untuk mengekang inflasi. Minutes pertemuan kebijakan BoE terbaru menunjukkan Gubernur Mervyn King dan 2 pembuat kebijakan lainnya menyerukan pengaktifan kembali pembelian aset di bawah program pelonggaran kuantitatif (QE). Pembuat kebijakan juga terlihat tengah mempertimbangkan penambahan pembelian aset dan pemangkasan suku bunga.

Minutes tersebut juga memperburuk pesimisme atas prospek GBP, yang telah terpukul oleh kekhawatiran downgrade rating 'AAA' Inggris, serta laporan pekan lalu yang menunjukkan kesediaan BoE dalam mentolerir inflasi yang lebih tinggi untuk jangka waktu lebih lama.

JPY diperdagangkan stabil pada hari Rabu setelah PM Jepang Shinzo Abe mengatakan bahwa kebutuhan untuk membentuk lembaga pendanaan sektor swasta guna membeli obligasi asing telah berkurang. Sebelumnya, JPY sempat tertekan oleh sebuah data yang menunjukkan defisit perdagangan Jepang membengkak ke level rekor ¥1,63 trilyun ($17,4 milyar) akibat impor energi dan pelemahan JPY.

Untuk selanjutnya fokus investor JPY akan beralih pada pertemuan Abe dan Presiden AS Barack Obama akhir pekan ini, dimana pelemahan JPY baru-baru ini kemungkinan akan menjadi agenda utama.


Previous
Next Post »