Minggu, 18 Agustus 2013

‎The Fed Memperlambat Stimulus Moneter

Market Flash - Dengan semakin dekat dengan bulan September, tampaknya investor makin  percaya  bahwa The Fed akan memperlambat stimulus moneternya.Walaupun pembicaraan hal tersebut sudah lama beredar di pasar.

Beberapa data ekonomi menjadi lebih baik dalam beberapa pekan terakhir. Hal ini telah mengangkat imbal hasil Threasury untuk 10 tahun ke level tertinggi baru.Kondisi ini menjadi kesempatan baik untuk mengurangi stimulus dalam bentuk pembelian obligasi senilai US$85 miliar per bulan.

Meskipun bulan September tidak ada pertemuan resmi hingga pertengahan bulan.Sementara, data Consumer Price Index (CPI) dan Klaim Tunjangan Pengangguran AS mingguan yang bagus telah membuat dolar AS menguat.

dollar, usd, banknote

Data CPI tahunan berhasil mencapai angka 2% sementara klaim tunjangan pengangguran mingguan tercatat di level terendah dalam 6 tahun yakni sebesar 320 ribu klaim.Di sisi lain, data capital flow yang memperlihatkan arus dana asing yang keluar cukup deras dan data indeks manufaktur yang buruk membuat dolar AS kembali melemah.Indeks dolar AS terseret melemah cukup dalam kemarin dibandingkan penutupan sehari sebelumnya. Menjelang rapat moneter Fed bulan September yang diisukan akan diambil keputusan pengurangan stimulus, pasar makin memperhatikan data-data ekonomi AS. Pasar bereaksi terhadap hasil data-data tersebut

Previous
Next Post »