-->

Rabu, 20 November 2013

‎ECB Mempertimbangkan Suku Bunga Negatif

Market Flash - Sebuah laporan menyebutkan jika ECB tengah mempertimbangkan suku bunga deposito negatif guna mendongkrak inflasi kembali mendekati target. Dengan suku bunga deposito saat ini telah bertengger di level 0%, keputusan ECB untuk mengenakan biaya terhadap bank-bank yang memarkir dana mereka di bank sentral akan menghantarkan suku bunga deposito turun menjadi -0.1%. Presiden ECB Mario Draghi pada awal bulan ini telah mengisyaratkan kesiapan bank sentral untuk memberlakukan suku bunga negatif, jika memang diperlukan oleh perekonomian.
Pagi ini EUR berada di level 1.3436, melemah signifikan dari level sebelumnya di 1.3564.

euro, dollar, gbp, aud
AUD merosot untuk pertama kalinya dalam 4 hari versus USD pada hari Rabu seiring International Monetary Fund mendesak RBA untuk menjaga kebijakan moneter longgar, mengingat kombinasi mata uang yang overvalued dan melambatnya investasi pertambangan telah menggerus pertumbuhan ekonomi. Pemangkasan suku bunga Reserve Bank of Australia hingga 225 basis poin sejak akhir 2011 pada kenyataannya belum mampu memicu depresiasi AUD, menurut kepala misi IMF, Brian Aitken. IMF memperkirakan pertumbuhan Australia untuk tahun ini masih akan tetap di bawah tren, dengan bertengger di kisaran 2,5%.
Saat ini AUD berada di level 0.9328, melemah signifikan dari level sebelumnya di 0.9440.

GBP diperdagangkan cenderung flat terhadap USD pasca rapat Bank of England menunjukkan jika para pembuat kebijakan tidak melihat adanya peningkatan resiko inflasi, yang membuat mereka tidak perlu terburu-buru dalam menaikkan suku bunga meskipun target tingkat pengangguran 7% telah tercapai. Rapat kebijakan 7 November itu juga memperlihatkan 9 anggota Monetary Policy Committee sepakat untuk mempertahankan suku bunga acuan pada 0,5% dan program pembelian aset senilai £375 milyar.
Saat ini GBP diperdagangkan di level 1.6098, melemah dari level sebelumnya di 1.6177.
5



Previous
Next Post »