Senin, 09 Desember 2013

‎Euro Melesat Terhadap Dollar AS

Market Flash - Euro melesat ke level puncak 6-pekan terhadap Dollar AS seiring membaiknya kondisi pasar uang di zona Euro dan angka perdagangan yang solid dari China mendorong minat investor terhadap mata uang beresiko. Mata uang tunggal ini juga terlihat tetap kokoh meskipun data Non Farm Payrolls AS hari Jumat lalu dirilis melampaui perkiraan, di tengah melambatnya kondisi ekonomi zona Euro dan prospek kebijakan suku bunga ECB yang masih akan tetap rendah untuk waktu yang lebih lama.

eur, usd, dollar, euro, eur vs usd, euro versus dollar, market flash

Dollar AS terpantau menerima sentimen positif dari investor, mengiringi menguatnya ekspektasi bahwa bank sentral AS, The Fed, akan memberikan sinyal dilakukannya tapering pada kebijakan stimulus moneter. Menguatnya ekspektasi ini diiringi oleh keyakinan bahwa ekonomi AS menunjukkan tanda membaik, diantaranya oleh turunnya tingkat pengangguran secara cukup signifkan.

Wall Street menguat tipis, indeks S&P 500 capai rekor tertinggi baru ke 1.808,56. Investor nantikan petunjuk dari pidato beberapa pembuat kebijakan The Fed sebelum rapat kebijakan 17 – 18 Desember mendatang dan perkembangan dari negosiasi anggaran di Washington.

Output industry Jerman bulan Okt secara tidak terduga turun 1,2% (ekspektasi +0,7%) oleh penurunan produktivitas manufaktur (-1,1%) dan konstruksi (-1,7%)

Pertumbuhan ekonomi Jepang di Q3 tumbuh 1,1% (lebih rendah dari estimasi 1,6%), neraca berjalan secara tidak terduga alami deficit $1,2 milyar. Nilai impor membengkak oleh lemahnya yen dan harga energi

Perkiraan USD/IDR hari ini berada di level 11800 – 12100

Previous
Next Post »