Rabu, 30 Oktober 2013

‎Keputusan Federal Reserve Mempertahankan Stimulus

Market Flash - USD rally terhadap JPY dan beberapa mata uang utama lainnya pasca Federal Reserve memutuskan untuk mempertahankan program stimulus tidak berubah, namun mengabaikan referensi terhadap pengetatan kondisi keuangan. Yang mendorong para trader untuk kembali membeli USD dan memangkas ekspektasi penundaan tapering program pembelian $85 milyar obligasi per bulan sampai tahun depan. Selain mengakui jika shutdown parsial pemerintah pada awal bulan ini telah mempengaruhi prospek ekonomi, dalam pernyataan kebijakannya Fed juga menilai jika pasar tenaga kerja telah menunjukkan beberapa perbaikan lebih lanjut.
Pagi ini JPY berada di level 98.50, melemah dari level sebelumnya di 98.05.


Wall Street ditutup melemah, investor kecewa The Fed tidak memberikan sinyal kuat dan mengisyaratkan kemungkinan mengurangi laju pembelian asset lebih awal dari yang diharapkan, membuka peluang tapering di bulan Desember, USD indeks menguat.

The Fed nyatakan akan menahan suku bunga mendekati nol sampai setidaknya angka pengangguran sentuh level 6,5% dan target inflasi 2,5%.

Defisit anggaran AS menyempit sentuh 5 tahun terendah karena rekor pendapatan, indeks harga konsumen AS bulan Sept tumbuh 0,2%, tenaga kerja sector swasta bulan Oct hanya menambah 130.000 pekerja.

4 bank terbesar China bukukan kenaikan terbesar kredit macet setidaknya sejak 2010 di tengah perlambatan ekonomi.

AUD terperosok mendekati posisi terendah 3-minggu versus USD pada hari Rabu pasca Federal Reserve mempertahankan laju pembelian $85 milyar obligasi per bulan tanpa mencemaskan resiko perlambatan ekonomi AS. Kinerja AUD juga masih dibayangi oleh komentar RBA pada hari sebelumnya, yang lagi-lagi mencoba untuk mengekang apresiasi mata uang. Gubernur Glenn Stevens pada hari Selasa mengatakan bahwa AUD berpotensi besar untuk anjlok di masa mendatang seiring melemahnya perdagangan negara, sebuah pergeseran yang akan disambut positif oleh para eksportir.
Saat ini AUD berada di level 0.9467, melemah dari level sebelumnya di 0.9515.

euro, usd, dollar, dollar bill, euro versus dollar, eur usd,
EUR berbalik melemah versus USD pada hari Rabu setelah Federal Reserve mengatakan jika mereka melihat perbaikan ekonomi mulai berkelanjutan, sembari mempertahankan program stimulus tidak berubah. Sebelumnya EUR sempat terapresiasi ketika lonjakan data sentimen zona Euro bulan Oktober mampu mengimbangi kenaikan mengejutkan angka pengangguran di Jerman. Sentimen terhadap EUR juga terbantu oleh keberhasilan Spanyol mengakhiri resesi 2-tahun pada kuartal ke-3, yang mendukung proyeksi PM Mariano Rajoy bahwa ekspor akan memulihkan ekonomi terbesar ke-4 di blok Euro.
Pagi ini EUR berada di level 1.3725, melemah dari level sebelumnya di 1.3784.

Previous
Next Post »