-->

Senin, 23 Desember 2013

‎Rupiah Menguat Jelang Libur Natal 2014

Market Flash - IDR menguat karena pelemahan dolar AS juga akibat profit taking jelang libur Natal dan tahun baru 2014. Setelah adanya respons dari tapering Fed yang lebih senyap dibandingkan estimasi memicu profit taking.  Mereka kemungkinan beralih ke pasar aset berisiko.
Pengumuman tapering Fed senilai USD 10 miliar di luar ekspektasi pasar.  Sebelumnya, pasar berekspektasi tapering baru terjadi pada Januari atau Maret 2014.  Di sisi lain, reaksi pasar tidak terlalu negatif.  Sebab, The Fed menyisipkan sinyal panduan moneter yang berhasil mengembalikan keyakinan para investor. The Fed sendiri menyatakan bahwa tingkat suku bunga rendah, 0-0,25% akan tetap dipertahankan meski tingkat pengangguran AS membaik ke bawah 6,5%.

Akhirnya,  dolar AS melemah terbatas terhadap mayoritas mata uang utama tapi menguat tipis terhadap euro.


outlook ekonomi 2014, ekonomi indonesia 2014, ekonomi 2014

Euro terapresiasi versus Dollar AS yang melemah pada awal pekan ini, meskipun Italia kembali menjadi fokus investor pasca mendapatkan peringatan dari European Central Bank pada hari Minggu lalu tentang komitmen untuk menjaga keuangan publik. Data konsumen yang lemah juga turut membayangi sentimen menjelang konferensi pers akhir tahun dari PM Enrico Letta. Hari Senin menjadi sesi perdagangan full terakhir untuk sebagian besar pasar Eropa sebelum liburan Natal.

Previous
Next Post »